Posted: 03 Februari 2017 13:59:36 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 117 kali

Menteri Komunikasi dan Informatika, Ruantara menargetkan pada Februari 2017 seluruh kawasan perbatasan Indonesia dengan negara tetangga sudah dinaungi jariang telekomunikasi. Hal tersebut disampaikan saat meresmikan pengoperasian base transceiver station (BTS) pertama di desa Kantuk Asam, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (28/12/2016).

Orang nomor satu di Kemenkominfo itu juga menyampaikan dibutuhkan 250 site BTS di seluruh perbatasan Indonesia. "Di seluruh wilayah Kalimantan kita butuh 75 site BTS untuk perbatasan. Tapi kalau seluruh perbatasan Indonesia, perlu 250 site BTS," ungkap pria yang akrab di sapa Chief RA itu usai peresmian seperti dikutip dari detikINET.

Terkait pembangunan BTS, sampai saat ini masih terus dilakukan. Disebutkan bahwa sebagian besar BTS sudah mengudara, sedangkan sisanya masih dalam proses dan ada pula yang masih dipabrikasi. Menkominfo juga menyebutkan biaya yang dibutuhkan untuk operasional BTS.

"Untuk transmisi backbone, listrik, di seluruh BTS ini, biayanya ditanggung oleh pemerintah. Tiap sites biaya operasionalnya Rp 500 juta per tahun. Operator tinggal bangun radionya saja, kurang lebih modal mereka cuma USD 20 ribu per BTS," lanjutnya.


Komentar Anda

Artikel terkait