Posted: 15 Agustus 2016 15:09:08 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 569 kali

Belakangan ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyebutkan bahwa mereka telah mendapat banyak laporan mengenai adanya penipuan dengan kedok Program Universal Service Obligation (USO) yang mengatasnamakan Kemkominfo. Untuk itu, Plt Kepala Biro Humas, Kemkominfo, Noor Izza menghimbau agar seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) berhati-hati apabila ada kasus serupa di daerah mereka. Hal tersebut dikarenakan proyek USO sendiri tidak pernah ada dalam program Kemkominfo saat ini.

Menurutnya, untuk meyakinkan aksi itu, oknum tersebut juga mengagendakan agar pejabat Pemda, vendor, dan pejabat lainnya untuk bertemu dengan pejabat dan staf Kemkominfo. Oleh karena itu, dia menghimbau kepada publik khususnya Pemda untuk sangat waspada dan melakukan klarifikasi kepada Kementerian Kominfo. Kemkominfo juga telah mengirimkan surat kepada Pemda untuk mewaspadai hal tersebut.

USO merupakan bagian dari kewajiban Pemerintah dalam memberikan pelayanan universal di bidang telekomunikasi dan informatika kepada publik. Kewajiban pelayanan tersebut dilakukan untuk mengurangi kesenjangan digital di daerah khususnya daerah pedesaan, tertinggal, dan terluar, yang secara ekonomi sulit dilakukan oleh penyelenggara telekomunikasi komersial. Namun sejauh ini Kemkominfo belum memberitahukan bahwa merek telah memulai program tersebut. Bagi masyarakat yang ingin meminta informasi lebih lanjut mengenai permasalahan ini, bisa menghubungi Biro Humas Kementerian Kominfo di nomor (021) 3504024 email :humas@kominfo.go.id.


Komentar Anda

Artikel terkait