Posted: 22 Juli 2016 10:35:08 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 321 kali

Facebook begitu getol menggelontorkan berbagai fitur. Namun fitur yang satu ini barangkali yang paling ‘unik’. Ya, media sosial besutan Mark Zuckerberg ini diketahui merilis fitur pencegah bunuh diri.

Melalui fitur yang bakal tersedia di drop down menu tersebut, pengguna bisa melaporkan unggahan seseorang yang terindikasi bakal melakukan bunuh diri. Selanjutnya, unggahan itu akan diberi bendera oleh Facebook Community Operations.

Komunitas global itu-lah yang nantinya akan memantau dan memastikan orang yang mengunggah status terkait bunuh diri tidak jadi melakukannya. Disebutkan bahwa pengguna yang memberikan bendera di unggahan orang lain juga bisa mengirimkan sebuah pesan kepada Facebook secara langsung atau kepada teman yang mungkin bisa menjangkau dan membantu pengguna yang membutuhkan. Media sosial yang dientik dengan huruf “f” itu juga menyediakan saran atu pesan yang ditenggarai bakal pas dikirimkan dalam suasana yang demikian.

Kehadiran fitur tersebut, dinilai sebagai upaya mencegah terjadinya tindakan bunuh diri. Fitur tersebut juga merupakan jawaban dari banyaknya desakans elama 10 tahun terakhir dari banyak organisasi nonpemerintah maupun peneliti  yang menekan Facebook untuk terlibat dalam tindakan pencegahan mengakhiri nyawa diri sendiri itu.


Komentar Anda

Artikel terkait