Posted: 18 Mei 2016 12:10:19 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 441 kali

Google diketahui memiliki cara yang menarik untuk melatih kemampuan sistem kecerdasan buatannya (AI) agar mampu berkomunikasi dengan lebih baik. Diketahui, saat ini Google telah menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan novel romantis untuk mengajari sistem kecerdasan buatannya tersebut berkomunikasi dengan lebih baik. Ilmuwan Google Brain telah mempresentasikan makalah mereka bulan ini yang menunjukkan teknik yang digunakan untuk melatih AI menulis fiksi.

Hasil pembelajaran tersebut  cukup menakjubkan. Google menggunakan 2.865 novel romantis dan karya fiksi lain untuk melatih AI, lalu memberikan dua kalimat sebagai awal dan akhiran tulisan AI. Setiap kalimat dalam seri harus sama dalam arti dengan yang sebelumnya dan membuattransisi yang mulus, dan mereka harus masuk akal secara gramatikal dan sintaksis. Singktnya, metode latihan ini diterapkan agar AI dapat  meniru variasi dalam bahasa manusia. Dengan demikian, maka ke depannya AI tidak hanya dapat berkomunikasi dengan satu bahasa saja, namun juga membuat AI dapat mengenali variasi bahasa atau mungkin mengenali majas-majas tertentu yang ada dalam sebuah kalimat yang diucapkan manusia.

Beberapa hasil terlihat tak masuk akal namun yang mengejutkan banyak dari hasilnya yang bagus dan sangat dramatis. Contohnya ketika AI diberikan dua kalimat “this was the only way” dan “they both turned and walked away”, Google AI sangggup menulis delapan kalimat karangan yang berhubungan dengan dua kalimat tersebut layaknya sebuah jembatan.


Komentar Anda

Artikel terkait