Posted: 15 Maret 2016 11:37:26 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 1300 kali

Kabar duka kembali datang dari jagad teknologi. Hal ini menyusul berpulagnya Ray Tomlinson, sang penemu email. Ia meninggal pada usian 74 tahun.

Menurut keterangan juru bicara perusahaan Raytheon, Mike Doble, Ray meninggal pada Sabtu pagi, (6/3/2016). Sayang, Doble tak mengungkapkan tempat kematian pria yang bekerja di kantor Cambridge, Massachusetts itu.

Penyebab kematiannya juga belum terungkap. "Penemu teknologi sejati, Ray adalah orang yang membawa surat elektronik pada masa awal Nmaun, mengacu pada artikel di Sydney Morning Herald, penemu email itu tutup usia lantaran terkena serangan jantung.

Sementara itu, Doble mengungkapkan Ray sebagai sosok yang humble meski sebagai penemu ‘besar’. "Penemuannya mengubah cara dunia berkomunikasi. Namun, untuk semua pencapaiannya dia tetap rendah hati, baik, dan dermawan dengan waktu dan kemampuannya," ucapnya.

Ray mulai menemukan program ARPANET pada 1971, yang menjadi pendahulu internet, dan memungkinkan orang mengirim pesan pribadi ke pengguna komputer lainnya melalui server.

Ray berasal dari Amsterdam, New York. Sebelum akhirnya menemukan teknologi email, ia pernah menempuh pendidikan di Intitut Politeknik Rensselaer dan MIT pada 1960-an. Ia juga bekerja di bagian penelitian dan pengembangan perusahan Bolt Beranek and Newman. Perusahaan ini lantas menjadi Raytheon BBN Technologies, saat ia membuat teknologi bernama email.


Komentar Anda

Artikel terkait