Posted: 30 Januari 2016 09:16:34 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 535 kali

Pernyataan Parlas Nababan, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palembang bahwa kebakaran tak merusak lahan karena masih bisa ditumbuhi tanaman akasia memicu reaksi riuh di dunia maya. Akibat peryataan tersebut bermunculan meme yang menyindir dirinya. Salah satunya adalah meme dengan menampilkan foto Parlas dan di sampingnya tertulis, "Bakar hutan itu tidak merusak lingkungan hidup, karena masih bisa ditanami lagi."

Meme yang lebih sarkas pun mencuat dengan bunyi, “"Membakar hutan tidak merusak lingkungan hidup, karena masih bisa ditanam lagi - Membakar hakim tidak merusak sistem peradilan karena masih bisa pilih hakim baru lagi."

Sindiran tersebut muncul pasca Parlas meolak gugatan senilai Rp 7,9 triliun dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas tuntutannya terhadap PT Bhumi Mekar Hijau (BMH) pada 2014. Tuntutan tersebut sebeumnya diajukan lantaran PT BMH dinilai telah melanggar hukum terkait kasus pembakaran hutan di Sumatra.

Keputusan sidang yang memenangkan PT BMH dinilai sebagai hal tidak adil. Tak hanya mencuatkan meme sindiran ke ketua mejelis hakimnya, situs  Pengadilan Negeri Palembang pun diretas. Meski belum ada penjelasan khusus ihwal dalang di balik peretasan. Namun, tulisan pada laman yang diretas (oleh peretas yang mengastanamakan diri sebagai ‘korban asap’) menyiratkan ada keterkaitan dengan dimenangkannya PT BHM.


Komentar Anda

Artikel terkait