Posted: 13 Agustus 2008 08:31:00 by Telkom BeritaNet.com | Dilihat 2318 kali

Semenjak dijalankan pada bulan Agustus 2007, fungsi BID adalah menampung dan memfilter informasi daerah dan memposisikan diri sebagai corong dalam mempropagandakan kekayaan khasanah budaya dan potensi pendukung DIY. Senada dengan hal tersebut pada pidato singkatnya, Sri Pakualam menyampaikan peran yang cukup vital ini telah dijadikan project percontohan dari propinsi lain di Indonesia.

Gambaran teknis dilaporkan oleh DR. Ahmad Djunaidi, MUP selaku Kepala Dinas BID-Pemprov DIY. Berkembang menjadi pusat informasi dan promosi daerah, Plasa Informasi melayani perpustakaan, ruang pamer, call center informasi daerah, Warung Internet, dan Aula yang cukup representatif untuk acara presentasi. Semenjak dibuka rata-rata 90 hingga 100 orang per hari dilayani di sini. 75% dari pengunjung tersebut adalah pelajar/mahasiswa. Dan 65% diantaranya cenderung menggunakan informasi internet untuk keperluan mereka.

Menurut Sri Pakualam, kesenjangan yang terjadi adalah informasi yang tidak dapat diperoleh secara mudah oleh masyarakat baik  sisi penyelenggara yang tidak menyediakan sarana pendukung, maupun masyarakat yang tidak tahu di mana harus mengakses informasi yang dibutuhkan tersebut. Kesenjangan  ini telah disolusikan dengan terbukanya Plasa Informasi yang menggandeng para mitra baik mengenai konten yang dikelola oleh semua dinas pemerintahan maupun penyedia infrastruktur seperti PT Telkom.

paku84PT Telkom memberikan fasilitas Flexi home dengan akses lokal only untuk pengunjung plasa informasi. Diharapkan fasilitas ini memudahkan para pengunjung melakukan klarifikasi ke nara sumber dari dinas terkait. Internet yang dipasang di Mobil keliling ditujukan untuk menambah kedekatan dengan para pengguna daerah seperti di kabupaten-kota di DIY yang jauh dari Plasa Informasi. Plasa telah menggunakan layanan operator lain untuk internet eksisting dan kantor hingga bulan November 2008. Keberadaan Speedy Hot Spot dirasa sangat membantu layanan internet dan ke depan akan dijajaki kemungkinan untuk beralih menggunakan Speedy di mana kecepatan tinggi diperoleh dengan tarif yang sangat kompetitif.

Bagi Telkom Kandatel Yogyakarta fasilitas yang diberikan untuk voice dan data internet telah mengangkat citra Telkom. Mobil M-CAP yang berkeliling di hari rabu dengan lokasi yang tertentu dapat dipinjam di hari lain untuk keperluan khusus apabila Telkom menginginkannya. Biaya operasional M-CAP menjadi ringan dengan MOU yang telah disepakati penggunaannya secara bersama.

Komentar Anda

Artikel terkait