Posted: 29 September 2015 13:30:19 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 626 kali

Banyak cara yang bisa dilakukan hacker untuk membajak atau mencuri informasi pribadi milik pengguna smartphone. Setelah sebelumnya menghadirkan bom sms yang menawarkan layanan kencan dan hal-hal meresahkan lainnya, kini para hacker kembali berulah. Kali ini sasaran mereka adalah dengan menggunakan aplikasi perpesanan instan WhatsApp. Kuat dugaan para hacker memanfaatkan layanan tersebut dikarenakan WhatsApp menjadi salah satu layanan perpesanan instan yang dipakai jutaan pengguna di seluruh dunia.

Dalam menjalankan aksinya, hacker tersebut mengirimkan sebuah pesan email ke WhatsApp pengguna. Namun ternyata pesan tersebut merupakan pancingan yang dihgunakan hacker untuk dapat mengakses data-data dalam ponsel pengguna. Ketika pesan tersebut dibuka, maka secara otomatis, semua data-data yang Anda miliki akan berpindah tangan. Menurut Better Business Bureau,  sebuah pesan dikirim ke kotak masuk dan menampilkan 'subject' berbunyi "Incoming Voice Message". Di dalamnya, pengguna bisa melihat 'missed voicemail' dan sebuah tombol untuk memutar pesan.

Lebih lanjut, BBB menjelaskan bahwa sekilas email tipuan tersebut Nampak asli dikirim oleh WhatsApp dikarenakan menggunakan warna dan logo WhatsApp. Namun apabila pengguna mengklik tombol tersebut, maka ponsel pengguna berpotensi untuk mengunduh malware berbahaya ke dalam perangkat. Pengguna kini diminta untuk berhati-hati apabila menerima email tersebut.


Komentar Anda

Artikel terkait