Posted: 09 September 2015 13:58:16 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 649 kali

Game jadul Atari E.T. – The Extra Terrestial yang telah terkubur di sebuah gurun di New Mexico, beberapa waktu lalu telah ditemukan. Joe Lewandowski selaku konsultan film dokumenter Atari Game Over, yang juga sekaligus salah satu penemu video game tersebut lalu menjualnya di eBay dan game berjudul E.T. The Extraterrestrial dihargai US$ 1.535 atau sekitar Rp 21,4 juta (asumsi kurs US$ 1 = Rp 14.000). Totalnya ada 881 games yang dijual di eBay. Beberapa diantaranya adalah game berjudul Asteroid, Super Breakout, dan Centipede.

Lewandowski menemukan ratusan game tersebut pada 2014, bersama sutradara film Zak Penn. Penn mengatakan, ratusan game dan produk Atari lainnya juga ditemukan di antara gundukan tanah dan sampah termasuk konsol video game Atari 2600. Penggalian tersebut juga disaksikan oleh sekitar 200 warga dan penggemar game. Pengguburan video-video game ini disinyalir terjadi sekitar tahun  1983. Di mana pada tahun tersebut memang pernah terjadi peristiwa yang dikenal dengan sebutan The Great Video Game Crash of 1983, di mana banyak perusahaan yang bergerak di bidang video game bangkrut.

Saat itu terjadi pula inflasi besar-besaran yang berujung pada krisisnya Atari. Krisis ini membuat jutaan game yang diproduksi tidak laku. Game E.T. merupakan salah satu produk gagal Atari karena ada kesalahan karakter sehingga banyak gamer mengembalikannya. Atari pun kabarnya terpaksa mengubur jutaan produk mereka yang tidak laku terjual. Ketika game E.T. pertama kali dirilis pada 1982, game ini dipasarkan dengan harga ritel sekitar US$ 29,99 (sekitar Rp 420 ribu). Dan kini game yang juga mendapat julukan game terburuk sepanjang masa tersebut dipasarkan kembali dengan harga fantastis.


Komentar Anda

Artikel terkait