Posted: 08 September 2015 14:24:51 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 633 kali

Pengguna smartphone saat ini tidak terbatas pada masyarakat dewasa saja. Anak-anak pun saat ini terlihat telah semakin akrab dengan perangkat pintar tersebut. Di Indonesia sendiri, populasi anak-anak yang telah semakin akrab dengan smartphone pun terus meningkat dan telah menjadi sebuah hal yang biasa. Namun hal tersebut ternyata tidak berlaku di Inggris.

Di Inggris, anak-anak yang masih berusia di bawah 10 tahun dikabarkan tidak akan boleh menggunakan smartphone lagi. Hal tersebut seiring dengan semakin resahnya orang tua terhadap berbagai dampak negatif yang berawal dari penggunaan smartphone oleh anak-anak. Oleh karena itu, para orang tua ini mengadakan polling yang berada di bawah naungan kelompok e-safety Internet Matters. Hasil polling tersebut mengungkap sebanyak 85 persen orang tua ingin pelarangan smartphone bagi anak berusia dibawah 10 tahun harus segera dilegalisasikan oleh pemerintah. Dan saat ini pembatasan penggunaan smartphone untuk anak-anak di negara tersebut masih  menungu legalitas.

Jika memang legalisasi pembatasan penggunaan smartphone untuk anak berusia di bawah 10 tahun segera direalisasikan, para orang tua setidaknya dapat bernapas lega. Karena dengan demikian setidaknya orang tua dapat menghindarkan anak mereka dari ancaman penyimpangan perilaku penggunaan smartphone secara negatif. Kekhawatiran para orang  tua tersebut bukan tanpa alas an. Seperti yang sudah diketahui, kebanyakan anak-anak mereka yang berusia 8-10 tahun sering menggunakan aplikasi pesan instan seperti Snapchat untuk mengirim foto selfie seronok dan juga melakukan `sexting` atau berkirim pesan cabul. Oleh karena itu, antisipasi semacam ini memang perlu direalisasikan agar menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi pada anak-anak.


Komentar Anda

Artikel terkait