Posted: 24 Agustus 2015 13:53:31 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 611 kali

Bagi Anda yang takut terkena jarum suntik ketika sedang menjalani proses pengobatan atau sedang dalam masa rawat inap, kini hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Pasalnya di masa mendatang, metode pengobatan dengan jarum suntik dikabarkan akan dapat digantikan oleh sebuah teknologi microneedle (jarum mikro) yang tidak membuat sakit pasien ketika disuntik.

Teknologi tersebut akan menggunakan sebuah `patch` (plester tambalan) yang nantinya dapat menyalurkan cairan obat lewat permukaan kulit pasien. Dalam penggunaannya, patch ini hanya ditempelkan ke kulit dan ditekan sekali agar dapat melancarkan proses vaksinasi.

Profesor Nakagawa, salah satu ilmuwan dari Osaka University yang tengah menjalani pengembangan microneedle  ini menyebutkan bahwa metode ini justru lebih efisien dan aman dibandingkan dengan metode jarum suntik yang telah dilakukan tim medis dari dulu. Metode ini pun telah diuji cobakan pada tiga orang pasien dengan hasil yang memusakan.

Untuk mengembangkan teknologi ini, sebelumnya para ilmuan berencana akan menggunakan bahan  metal. Namun, ia mengungkap bahwa penggunaan bahan tersebut rupanya tidak aman dan terlalu berisiko bagi tingkat sensitivitas kulit pasien sehingga pada akhirnya diganti dengan bahan silicon yang `dissolvable` (cairannya mudah larut) yang dinilai lebih bersahabat pada kulit pasien. Saat ini metode ini sedang berada dalam proses pengujian lebih lanjut ke banyak pasien dan siap dipublikasikan dalam sebuah esai dengan judul "Studi Klinis Terhadap Metode Pengobatan Menggunakan Patch Microneedle".


Komentar Anda

Artikel terkait