Posted: 18 Agustus 2015 10:27:39 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 621 kali

Sebuah konsorsium di Jerman menciptakan bus kota tenaga listrik yang baterainya dapat diisi ulang dengan sangat cepat. Selama ini, bus kota bertenaga listrik masih menggunakan baterai yang sangat besar untuk menyimpan daya listrik. Proses pengisian daya baterai bus tersebut diklaim memerlukan waktu yang lama. Selain itu, ukuran baterai yang terlalu besar tersebut memaksa petugas bus untuk megurangi jumlah kursi penumpang.

Namun kini dengan baterai terbaru dari konsorsium di Jerman tersebut, proses pengisian baterai diklaim jauh lebih cepat, yakni hanya memerlukan waktu 6,5 menit.dan juga dapat dilakukan di sejumlah halte dalam perjalanan. Pengisian baterai rancangan Fraunhofer Institute for Transportation and Infrastructure Systems (Fraunhofer IVI) bersama-sama dengan Schunk Bahn- und Industrietechnik ini mencakup kutub kontak positif dan negatif di tiap sisi bus, dilengkapi dengan sistem pembumian untuk keamanan.

Sistem bus EDDA tersebut telah menjalani tes pertamanya pada bulan November tahun lalu di kota Dresden dan dinyatakan lulus. Tahap kedua ujiannya dilakukan pada bulan Februari 2015 lalu dengan rute yang lebih jauh, yaitu 20 kilometer. Namun demikian, belum ada kabar pasti mengenai penggunaannya di jalan umum.


Komentar Anda

Artikel terkait