Posted: 30 Juli 2015 14:42:47 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 638 kali

Pesawat tanpa awak hasil kerjasama Indonesia Maritime Institute (IMI) dan PT Trimitra Wisesa Abadi, OS Wifanusa sukses terbang dari landasan darat. Pesawat ini pun unjuk kebolehan dengan mengudara di Pangkalan Udara (Lanud) Sulaiman, Bandung, pada Selasa, (28/7/2015). Keberhasilan tersebut melengkapi kemampuan lain yang dimiliki OS-Wifanusa mendarat di air.

Dalam demo tersebut, OS Wifanusa lepas landas dengan sempurna di landasan yang berjarak 30 meter. Ditinjau dari spesifikasinya, pesawat yang juga turut didesaain oleh DR Y Paonganan—yang tak lain juga Direktur Eksekutif IMI, tidak kalah dengan pesawat bikinan luar negeri. Dalam kinerjanya, pesawat ini memiliki kendali jarak jauh hingga lebih dari 100 km dan menerima real time video untuk keperluan surveillance.

Berkat dukungan mesin fuel injection, pesawat ini memiliki kemampuan terbangnya bisa mencapai 6 hingga 7 jam penuh. Menurut Ongen—sapaan akrab eksekutif IMI tersebut, pesawat ini mampu terbang hingga ketinggia 5.000 meter dengan jarak tempuh 500-600 km dengan kecepatan 100 km/jam.

Sejauh ini pesawat telah melalui uji sertifikasi TNI AL di Waduk Jatiluhur. Namun, sertifikatnya baru akan terbit usai tim Litbangal menganalisi hasil uji sertifikasi.


Komentar Anda

Artikel terkait