Posted: 16 Juli 2015 07:35:43 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 679 kali

Kehadiran internet mengubah dunia. Hal tersebut memang bukan isapan jempol belaka. Satu dari sekian banyak pengaruh internet dalam kehidupan sehari hari adalah munculnya cara baru dalam mencari pekerjaan secara online.

Hasil studi Talent Trends 2015 dari LinkedIn menunjukan bahwa profesional di Indonesia lebih banyak yang mencari pekerjaan lewat dunia maya dibandingkan dengan iklan dan website perusahaan. Setidaknya ada lebih dari 57% profesional Indonesia yang disurvei memanfaatkan situs pencari pekerjaan online untuk mengetahui kesempatan kerja. Angka ini hanya terpaut tipis dengan jumlah orang yang memanfaatkan LinkedIn untuk kepentingan yang sama—mencapai 56%.

Sementara itu, pencarian kerja melalui LinkedIn pada tahun ini meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Pada 2014 ada 29% profesional Indonesia yang mencari pekerjaan lewat saluran ini. Angka ini naik 5% pada tahun ini atau menjadi 34%.

Di samping hal tersebut, laporan ini juga mengungkap alasan para profesional Indonsia mengakses saluran online dalam menerima tawaran kerja. Angka yang ada menunjukkan sebanyak 51% para pencari kerja mempertimbangkan masalah kompensasi. Angka karena alasan ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang ‘hanya’ 44%.


Komentar Anda

Artikel terkait