Posted: 15 Juli 2015 09:47:31 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 1830 kali

Ancaman malware baru telah mengintai para pengguna Android. Mengacu pada laporan dari Palo Alto Research, malware tersebut bernama "Gunpoder".  Menurut firma keamanan siber tersebut, malware tersebut tersemat dalam sebuah aplikasi emulator game Nintendo.

Selanjutnya, malware akan langsung menyerang aplikasi dipasang. Serangan malware ini cukup berbaya. Usai bersarang di ponsel, "Gunpoder" akan mengumpulkan semua bookmark dan history browser pemilik ponsel.

Tidak hanya itu saja, si program jahat itu lalu akan mengirimkan dirinya sendiri lewat SMS. Iklan-iklan palsu pun ditampilkan. Celakanya lagi, malware ini bakal mengeksekusi kode-kode yang dianggapnya berbahaya di dalamnya.

Sebagaimana dilansir Phone Arena, disebutkan pula bahwa "Gunpoder" bersarang di portal pembayaran aplikasi emulator Nintendo di Google Play Store. Dengan demikian, para pengguna yang membeli emolator tersebut akan langsung terkena "Gunpoder" begitu melakukan pembayaran.

Sayang, para peneliti dari Palo Alto tak menyebutkan emulator yang dimaksud. Hanya saja, mereke menyebut emulatornya dibanderol antara 0,20 hingga 0,40 dollar AS.

Indonesia pun tak lepas dari intaian malware ini. Pengguna sistem operasi Google yang dari negara di Irak, Thailand, India, Afrika Selatan, Rusia, Perancis, Meksiko, Brasil, Arab Saudi, Italia, Amerika Serikat, dan Spanyol juga berpotensi diincar "Gunpoder".  Menariknya, jika pengguna yang terserang berada di Tiongkok, tmalware tidak berani mengirimkan SMS secara otomatis.

Kenapa ya? Barangkali Anda memiliki prediksi jawaban?


Komentar Anda

Artikel terkait