Posted: 07 Juli 2015 12:43:47 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 656 kali

Printer 3D kini nampaknya telah mulai dilirik banyak orang karena manfaatnya yang menarik. Perangkat canggih tersebut tidak hanya dimanfaatkan untuk membuat sebuah prototype, namun juga dapat digunakan untuk berbagai hal seperti membuat jantung buatan dan super car. Bahkan baru-baru ini perangkat inovatif tersebut dapat difungsikan untuk membuat sebuah bangunan utuh.

Setelah sebelumnya perusahaan properti asal Tiongkok membuat sebagian material bangunan dengan printer 3D, kini pemerintah Dubai melakukan hal yang lebih menakjubkan lagi, yakni membuat sebuah bangunan secara keseluruhan menggunakan perangkat tersebut. Menariknya, tak hanya gedung yang akan dicetak menggunakan printer, tetapi furnitur yang ada di dalamnya juga bakal dicetak memakai perangkat canggih itu. Pembuatan gedung perkantoran tersebut merupakan sebuah proyek dari United Arab Emirates National Innovation Committee yang akan mereka bangun di Dubai. Proyek tersebut dipimpin oleh sebuah perusahaan bernama Winsun global

Al Gergawi, Ketua Komite Inovasi Nasional UAE menyebutkan bahwa proyek pembangunan gedung ini akan menjadi kesaksian efisiensi dan kreativitas teknologi cetak 3D.  Al Gergawi  juga meyakini bahwa gedung tersebut akan menjadi pusat global untuk inovasi dan pencetakan 3D. Dalam pembangunan gedung dengan ukuran 2.000 kaki persegi atau sekitar 610 meter persegi tersebut, dibutuhkan printer 3D dengan tinggi 20 kaki atau sekitar 7 meter. Bahan yang digunakan meliputi material Special Reinforced Concrete, Fiber Reinforced Plastic, dan Glass Fiber Reinforced Gypsum. Proses pengerjaan diperkirakan akan memakan waktu beberapa minggu dan diklaim dapat mengurangi biaya tenaga kerja sebanyak 50-80% dan mengurangi limbah konstruksi hingga 30-60%.



Komentar Anda

Artikel terkait