Posted: 04 Juni 2015 14:05:21 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 621 kali

Aksi penipuan dengan metode mirip phishing kini kembali terjadi. Kali ini para hacker menggunakan Windows Live ID sebagai umpan untuk mendapatkan informasi pribadi pengguna. Target sasaran para hacker tersebut adalah beberapa informasi yang  disimpan di layanan Xbox LIVE, Zune, Hotmail, Outlook, MSN, Messenger dan OneDrive.

Pada awal aksi tersebut, nantinya pengguna akan menerima peringatan palsu  melalui email yang mengungkapkan bahwa akun Windows Live ID penggguna sedang digunakan untuk mendistribusikan email yang tidak diinginkan, sehingga akun mereka akan diblokir. Pengguna diminta untuk mengikuti link yang disediakan dan memperbarui detail informasi pribadi untuk memenuhi persyaratan keamanan baru dari layanan ini untuk dapat membatalkan pemblokiran tersebut. Link tersebuit akan membawa mereka ke situs palsu yang meniru halaman Windows Live resmi.

Dengan mengikuti link dalam email dan berhasil memverifikasi akun di situs resmi live.com, maka sebuah aplikasi akan meminta izin untuk secara otomatis login ke akun untuk melihat informasi profil, daftar kontak dan akses ke daftar alamat email pribadi dan pekerjaan dari pengguna. Informasi penting ini paling mungkin untuk digunakan untuk tujuan penipuan, seperti mengirim spam ke kontak dalam buku alamat korban atau meluncurkan serangan spear phishing


Komentar Anda

Artikel terkait