Posted: 04 Juni 2015 14:02:35 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 601 kali

Bisnis pengembangan headset VR (virtual reality) kini tengah diminati oleh beberapa vendor IT, tak terkecuali Google. Namun Google diklaim memiliki pendekatan yang unik dan berbeda dalam mengembangkan perangkat VR-nya. Tahun lalu Google telah merilis Cardboard sebagai virtual reality viewer-nya. Dan pada kesempatan di ajang I/O 2015 lalu, Google mengumumkan versi terbaru Google Cardboard yang juga dapat mendukung konektivitas untuk perangkat iPhone.

Spesifikasi yang dihadirkan Google pada  Cardboard terbarunya ini sepintas hamper sama dengan pendahulunya. Cardboard ini dirancang agar bisa mendukung smartphone berlayar besar sampai dengan 6 inci. Selain itu juga dirilis khusus untuk sistem operasi iOS sehingga memungkinkan pengguna iPhone bisa menggunakan aplikasi ini berikut bersamaan dengan perangkat Cardboard-nya untuk menikmati koleksi tampilan 3D yang ada di aplikasi tersebut.

Meskipun hadir dengan desain yang sederhana dan dibalut dengan kemasan kardus, namun perangkat ini tetap mengedepankan teknologi virtual reality agar dapat dinikmati semua kalangan. Google Cardboard pun diklaim menjadi salah satu perangkat headset VR yang ternyata memiliki harga yang cukup terjangkau untuk kelasnya. Teknologi ini pun kabarnya juga telah digunakan oleh institusi pendidikan, dimana para pelajar bisa menggunakan perangkat ini agar bisa melakukan `field trip` tanpa harus meninggalkan ruangan kelas.



Komentar Anda

Artikel terkait