Posted: 04 Mei 2015 11:55:11 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 606 kali

Beberapa ilmuan dari Universitas Stanford, Inggris baru-baru ini telah menciptakan sebuah robot yang diklaim dapat mengangkat benda dengan bobot 20 hingga 100 kali lebih besar dari berat badannya. Bukan hanya menjanjikan kemampuan yang super, tapi desain yang ditampilkan untuk robot tersebut juga menarik. Para ilmuan tersebut menghadirkan robot tersebut dengan bentuk menyerupai tokek.

Kemampuan robot tokek super tersebut berasal dari kaki yang memang sengaja diberikan alat perekat. Perekat yang diletakkan pada kaki robot tersebut membantu untuk menstabilkan tubuhnya. Perekat tersebut juga dapat memungkinkan robot tersebut untuk memanjat dinding. Robot tokek ini bergerak dengan menggunakan gaya biologi, satu kaki robot akan maju sementara kaki yang lainnya di tempat untuk mendukung beban berat. Hal tesebut  membantunya agar tidak  terjatuh karena salah langkah dan juga membantu untuk berhenti tanpa menggunakan banyak energi.

Para peneliti menyebutkan bahwa di masa depan robot tersebut akan dapat digunakan untuk meringankan pekerjaan manusia. Robot tersebut dapat digunakan  untuk mengantarkan obat-obatan, senjata, dan peralatan pengawasan. Ukuran yang kecil membuat robot tokek buatan Universitas Stanford tersebut dapat dimanfaatkan untuk bidang konstruksi saat akses untuk mesin normal tidak memungkinkan.


Komentar Anda

Artikel terkait