Posted: 21 April 2015 12:51:35 by RRF BeritaNet.com | Dilihat 600 kali

Rencana Microsoft memang dikabarkan akan menghadirkan aplikasi Cortana di perangkat Android dan iOS. Namun pasti akan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Menanggapi hal tersebut, dua pemuda asal Italia, Marco Bartoli dan Lorenzo Santina, baru-baru ini memamerkan aplikasi buatan mereka yang bernama Portana. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi asisten digital yang dikembangkan Microsoft, Cortana.
 
Dikutip dari Neowin, aplikasi ini memang merupakan tiruan dari Cortana. Pasalnya, aplikasi ini memanfaatkan Proxy dan DNS spoofing dari Cortana. Namun, kemampuan yang dimiliki Portana cukup jauh berbeda dengan dengan Cortana di Windows Phone. Hal ini karena Portana tersebut hanya mempunyai kemampuan mendasar.
 
Sebagai contoh, Portana hanya mampu berbicara bahasa Italia. Hal ini karena kelompok hacker yang berhasil menyematkan Portana ke Android berasal dari Italia. Namun sayangnya, belum ada informasi apakah aplikasi asisten yang sudah di hack tersebut sudah dilepas untuk umum. Pasalnya, sumber informasi hanya menyebutkan bahwa Microsoft diharapkan bisa melepas Cortana untuk semua platform.

Komentar Anda

Artikel terkait