Posted: 18 April 2015 12:16:08 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 622 kali

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan kirimkan surat kepada pihak Google terkait bocornya 30 paket soal Ujian Nasional (UN) 2015 yang tersebar via layanan berbagi dokumen Google Drive. Isi dari surat tersebut adalah pernyataan pihak Kemendikbud yang meminta bantuan Google untuk memblokir seluruh akses ke laman Google Drive yang memuat konten bocoran soal UN 2015 tersebut. surat resmi tersebut langsung di alamatkan ke kantor pusat Google di 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, California, Amerika Serikat.

Surat resmi kementerian tersebut dikirim pada tanggal 13 April 2015 lalu, bertepatan dengan ditemukannya indikasi kebocoran soal UN 2015. Anies menyebutkan bahwa penemuan kebocoran soal UN ini berdasarkan laporan masyarakat yang diterima langsung Kemendikbud. Dari laporan warga tersebut disebutkan bahwa ada yang mengunggah booklet UN ke Google Drive. Total booklet yang resmi dicetak oleh kementria berjumlah 11.730, dan yang bocor 30 booklet.

Selain melayangkan surat resmi ke pihak Google, Anies juga telah menindaklanjuti kasus ini dengan mengandeng Bareskrim. Kabareskrim Komisaris Jenderal Pol Budi Waseso mengatakan bahwa saat ini anak buahnya sudah menggeledah beberapa lokasi yang diduga menjadi pusat kebocira soal UN. Namun ia masih bungkam soal lokasi penggeledahan yang dilakukan anak buahnya itu. Selain itu, penyidik Cyber Crime Bareskrim juga ditugaskan melacak pengunggah soal UN ilegal itu di Google.


Komentar Anda

Artikel terkait