Posted: 11 April 2015 10:52:21 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 609 kali

Seorang professor teknik dan komputer sains di University Michigan David Blaauw bekerja sama dengan lima orang muridnya mencoba mengembangkan sebuah computer terkecil di dunia. Computer bernama Michigan Micro Mote tersebut hanya memunyai volume sebesar 1 milimeter kubik. Ukuran tersebut sangat jauh dari ukuran computer biasanya. Kurannya yang tidak lebih besar dari sebuah biji kacang tersebutlah yang membuat  Michigan Micro Mote dianggap sebagai computer terkecil di dunia. 
 
Pengembangan komputer mungil ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Profesor David Blaauw seakan ingin memenuhi permintaan pasar yang saat ini menginginkan berbagai fasilitas dengan bentuk yang ramping dan mungil sehingga fleksible di bawa ke mana-mana. Dengan ke lima mahasiswanya tersebut, Blaauw terus berkreasi hingga saat ini.
 
Sumber tenaga yang digunakan oleh computer mungil tersebut berasal dari cahaya. Tidak perlu berada di luar ruangan untuk mendapatkan pasokan cahaya yang cukup, karena cahaya di dalam ruangan pun cukup. Tenaga yang dibutuhkan pun tidak besar, prosesor Phoenix yang digunakan pada komputer ini hanya butuh power sebesar 500 pico-watt dalam mode standby.


Komentar Anda

Artikel terkait