Posted: 11 April 2015 10:27:18 by RRF BeritaNet.com | Dilihat 601 kali

Fotografi semakin populer dikalangan masyarakat, apalagi ditambah dengan hadirnya smartphone yang terbilang mumpuni untuk aktivitas fotografi atau ber-selfie. Namun tetap tak bisa dipungkiri jika sebuah kamera DSLR lah yang memegang kendali dalam mengabadikan sebuah moment. Jika anda ingin memiliki atau membeli kamera DSLR, anda patut memperhitungkan beberapa hal dibawah ini:

1. Profesional atau hobi?
Seorang fotografer profesional jelas membutuhkan kamera DSLR karena memang tuntutan sebuah profesi dan pencitraan di depan klien. Jika sekedar hobi fotografi, atau suka motret aja tanpa menjadikan fotografi sebagai tumpuan hidup, maka perlu dipertimbangkan lagi apakah perlu membeli kamera DSLR.

2. Keperluan Utama
Sangat jelas tujuan membeli kamera adalah untuk motret. Namun motret itu juga banyak yang jenisnya. Seorang fotografer wedding jelas sangat membutuhkan kamera DSLR, begitu pula seorang fotografer jurnalis. Jika motret anak anda atau sekedar untuk dokumentasi keluarga saat jalan-jalan, maka perlu anda pertimbangkan apakah perlu beli kamera DSLR.

3. Harga
Jelas faktor yang satu ini sangat krusial, karena membeli kamera sangat menguras kantong. Banyaknya kamera mirrorless yang harganya lebih murah dari kamera DSLR membuat kamera mirrorless sangat menarik untuk di lirik.

4. Intensitas Motret
Kamera DSLR diciptakan untuk intensitas pemotretan yang cukup tinggi. Sebuah kamera DSLR kelas mid-low sekarang mempunyai kemampuan motret atau shutter count sekitar 100.000 foto. Seorang jurnalis-lah yang biasanya menghabiskan jumlah shutter count tersebut dalam waktu 2-4 tahun. Jika anda motretnya jarang-jarang, maka pertimbangkan sekali lagi apakah perlu membeli kamera DSLR.

5. Teknologi
Perkembangan teknologi kamera tahun 2014 kemarin saja sudah jelas-jelas memanjakan para costumernya. Kemampuan imaji dari beberapa kamera mirrorless bahkan ada yang lebih baik daripada kamera DSLR. Bukan tidak mungkin teknologi kamera mirrorless di tahun 2015 akan semakin meraja-gila dengan melebihi kemampuan kamera DSLR.

6. Cara merawat
Kamera DSLR bukanlah sebuah mainan yang bisa ditaruh seenaknya sendiri. Kamera DSLR membutuhkan perawatan extra, mulai dari membeli drybox yang gede, dust remover, tissu lensa, blower dan lain-lain. Jika anda seseorang yang agak careless atau kurang perhatian/hati-hati dalam merawat sebuah barang elektronik, maka pertimbangkan lagi keputusan anda untuk membeli kamera DSLR.

Komentar Anda

Artikel terkait