Posted: 06 April 2015 15:15:30 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 599 kali

Keberadaan perkembangan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dihadirkan saat ini selain memiliki manfaat, juga sangat berpotensi membahayakan umat manusia. Sadar dengan akibat terburuk yang akan ditimbulkan, maka keberadaan AI ini justru mencemaskan beberapa orang yang paham mengenai IT dan dunia robotika.

Co-founder Apple, Steve Wozniak, melontarkan sebuah prediksi 'menakutkan' yang bakal dihadapi manusia di masa depan. Wozniak menyebutkan bahwa AI dapat berdampak sangat buruk bagi umat manusia. Manusia dapat menjadi 'hewan peliharaan' untuk 'tuan robot'. Wozniak oun menyebutkan bahwa di masa depan komputer akan mengambil alih dunia dari manusia. Kecemasan yang sama juga dirasakan oleh Elon Musk, Bill Gates, bahkan ahli fisika kuantum Profesor Stephen Hawking.

Elon Musk yang merupakan pendiri perusahaan teknologi inovatif Space X dan Tesla mengungkapkan bahwa robot yang telah dibekali kecerdasan buatan suatu saat dapat menguasai dunia dan mengancam keberadaan umat manusia. Kondisi yang mirip dengan cerita di film-film beraliran science fiction ini diprediksi oleh Musk akan sangat mungkin terjadi jika perkembangan teknologi robotika dan kecerdasan buatan tidak dikendalikan secara tepat.

Kekhawatiran Musk tersebut pun cukup serius. Musk bahkan tekah mendonasikan dana sebesar US$ 10 juta kepada lembaga Future Of Life Institute, sebuah lembaga non-profit yang memang didirikan untuk mencegah berbagai hal yang mengancam keberlangsungan hidup umat manusia, termasuk dari ancaman robot.




Komentar Anda

Artikel terkait