Posted: 06 April 2015 14:25:50 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 666 kali

Video seorang remaja berusia 16 tahun bernama Amos Yee di Youtube sempat menggegerkan masyarakat dan pihak kepolisian setempat karena isinya yang penuh kontroversi. Video berdurasi delapan menit tersebut berisikan celotehan Yee yang dianggap menjatuhkan nama baik mantan PM Singapura Lee Kuan Yew.

Semenjak di unggah ke Youtube pada  Jumat (27/3/2015) lalu, setidaknya ada puluhan pengaduan dari masyarakat tentang video controversial tersebut. Dalam video berjudul Lee Kuaw Yew is Finally Dead, terlihat Yee merayakan kematian Lee Kuan Yew seraya menghina mantan PM Singapura itu dengan kata-kata kasar dalam Bahasa Inggris.

Dalam video tersebut, Yee menyebutkan bahwa Lee Kuan Yew sebagai diktator yang mengontrol arus informasi dan menjebloskan lawan politiknya ke penjara demi memelihara citra baik di depan publik. Yee juga menyalahkan Lee Kuan Yew atas cara hidup orang Singapura masa kini yang dipandang hanya mementingkan materi sebagai ukuran kesuksesan sehingga warga Singapura banyak yang merasa tidak bahagia dan mengalami depresi.

Menindaklanjuti berbagai keluhan yang dituduhkan pada Yee tersebut, maka pada hari Selasa (31/3/2015) waktu setempat, Yee dipanggil ke pengadilan dan dikenakan beberapa tuduhan, di antaranya pasal Perlindungan dari Tindak Pelecehan. Setelah dua hari ditahan, akhirnya Yee dibebaskan dengan uang jaminan sebesar 20 ribu dollar Singapura atau sekitar Rp900 juta. Sidang perdana Yee akan digelar pada 17 April 2015 pukul 16.00 waktu setempat.


Komentar Anda

Artikel terkait