Posted: 06 April 2015 14:24:34 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 593 kali

Baru-baru ini NASA tengah dipusingkan dengan adanya kejadian hilang ingatan yang dialami oleh robot penjelajah Mars, Opportunity. Ironisnya, masalah itu muncul setelah badan antariksa Amerika, NASA, melakukan perbaikan padanya.

Sejak pertama kali mendarat di planet Mars pada bulan Januari 2004, robot penjelajah Opportunity belum sekalipun mengalami masalah memori parah. Namun pada tanggal 20 Maret lalu, Opportunity mengalami gangguan di bagian memori flash, yakni bagian yang biasa dipakai menyimpan data penelitian. NASA kemudian langsung mengirimkan sebuah software baru yang didesain untuk memperbaiki memori robot Opportunity tersebut lewat metode format ulang.

Namun sayangnya, baru berselang 5 hari setelah software itu berhasil dipasang, Opportunity justru mengalami 'amnesia'. Dengan adanya kejadian tersebut, pihak NAS pun mengaku bingung karena belum berhasil menemukan penyebab kerusakan memory Opportunity. Hal tersebut dikemukakan oleh pimpinan proyek Opportunity NASA, John Callas.

Callas menyebutkan bahwa muncuknya masalah tersebut sangat disayangkan sekali mengingat Opportunity baru saja mencetak rekor marathon pertama di Mars setelah berhasil berkeliling di permukaan planet Merah sejauh 42 kilometer. Tentu akan sangat disayangkan apabila kerusakan memori robot Opportunity tersebut nantinya akan menyebabkan hilangnya data penelitian.


Komentar Anda

Artikel terkait