Posted: 06 April 2015 14:20:13 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 598 kali

Kasus pemblokiran beberapa situs yang ada di Tanah air saat ini membuat Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi angakt bicara. Menurutnya saat ini Kominfo sudah saatnya untuk membuat Tim Panel Konten Negatif. Sebab, menurutnya, bila tim tersebut sudah ada, maka Kominfo tidak akan tersandung pro kontra terkait pemblokiran.

Menanggapi hal tersebut, maka saat ini pemerintah diketahui sedang membentuk panel khusus tentang penanganan konten negatif. Kepengurusan panel tersebut akan melibatkanbeberapa kubu seperti Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika, kepala Badan Ekonomi Kreatif, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), serta kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Panel Konten Negatif tersebut nantinya akan terbagi menjadi empat bidang yaitu Panel Pornografi, Kekerasan pada Anak dan Keamanan Internet; Panel Terorisme dan Sara; Panel Investasi Ilegal, Penipuan, Perjudian, Obat & Makanan, dan Narkoba; serta Panel Hak Kekayaan Intelektual.

Namun, sebelum panel khusus ini dilahirkan, maka diperlukan sebuah aturan pemblokiran yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan, serta kepengurusan yang bertanggungjawab. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi kerancuan dalam system peniaian. Semoga dengan dibentuknya badan tersebut, ke depannya tidak akan ada lagi kerancuan dalam penilaian konten yang berhak atau tidak  berhak untuk ditampilkan.


Komentar Anda

Artikel terkait