Posted: 24 Maret 2015 14:01:17 by RRF BeritaNet.com | Dilihat 616 kali

Samsung tak henti-hentinya berkarya, banyak ponsel yang sudah di rilis oleh Samsung. Mulai dari ponsel paling sederhana hingga lini ponsel pintar Galaxy. Namun tahukah Anda, perusahaan Korea Selatan itu pernah mengembangkan ponsel bertenaga surya? 
 
Dikutip dari Phone Arena, Selasa, 24 Maret 2015, ponsel bertenaga surya Samsung merupakan ponsel berbasis surya pertama di dunia. Ponsel tersebut adalah Samsung guru E1107. E1107 memakai piringan sel surya di belakangnya. Bila terpapar cahaya matahari, sel-sel itu akan menghasilkan listrik yang akan dipakai untuk mengisi ulang baterai ponsel dan membuatnya mampu melakukan panggilan telefon selama lima sampai tujuh menit. Meski begitu, ponsel Samsung bertenaga surya itu membutuhkan waktu satu jam untuk menyerap sinar matahari.
 
Seri Guru E1107 dirancang untuk konsumen yang tinggal di pasar berkembang dan daerah yang sering terjadi pemadaman listrik. Salah satu negara berkembang di kawasan Asia yang menjadi pangsa pasar ponsel tersebut ialah India. Guru E1107 bukanlah ponsel energi matahari pertama yang dibuat Samsung. Di tahun yang sama, Samsung merilis Blue Earth, yang juga memakai sel surya di belakang. Satu jam paparan sinar matahari bisa dipakai untuk menelpon selama 10 menit.
 
Blue Earth memang berbeda dengan versi Samsung Guru. Ponsel Blue Earth menawarkan fitur lain misalnya bisa terkoneksi dengan internet, YouTube dan jejaring sosial. Samsung Blue Earth juga bisa terhubung dengan Wi-Fi atau 3G serta fitur GPS bisa menentukan lokasi penggunaan ponsel.


Komentar Anda

Artikel terkait