Posted: 23 Maret 2015 15:36:21 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 564 kali

Berbicara mengenai coding, pasti yang akan muncul dalam persepsi banyak orang adalah sesuatu hal yang rumit dan susah. Namun tahukah Anda bahwa belajar coding sebenarnya tidaklah terlalu susah. Hal tersebut diungapkan oleh pendiri Coding (Indonesia) dalam acara #WeSpeakCode yang diadakan di @america Pacific Place, Jakarta.

Dalam acara tersebut, Wahyudi pun menyebutkan bahwa sebenarnya porsi terbesar dalam coding justru ada di cara berpikir. Dalam proses coding, mengetik kode hanya memiliki porsi 30%, dan 70% lainnya ada di cara berpikir. Dengan demikian maka sebenarnya bagi mereka yang ingin belajar coding sejatinya tak perlu memusingkan bahasa pemrograman yang akan dipelajari. Karena inti dari coding tetap berada di cara berpikir. Apabila cara pikirnya sudah benar, soal bahasa pemrogramannya bisa lihat di 'kamus'.

Untuk lebih mudahnya, Wahyudi memberikan gambaran bahwa coding tersebut seperti menemukan penyelesaian untuk sebuah masalah. Ia juga menyatakan bahwa belajar coding sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Sebab anak kecil yang sudah bisa memainkan perangkat tablet, seperti iPad, seharusnya sudah bisa mulai diajarkan menulis kode.


Komentar Anda

Artikel terkait