Posted: 11 Maret 2015 08:58:13 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 651 kali

Saat ini banyak perusahaan teknologi sedang tertarik untuk mengembangkan bisnis mobil listrik. Namun pengembangan mobil listrik saat ini memunyai kendala terkait  pengisian daya yang digunkan agar kendaraan masih tetap bisa mendapat pasokan tenaga meskipun sedang tak berada dekat sumber listrik. Dan untuk mengatasi kendala tersebut, maka perusahaan pembuat ban yakni Goodyear pun mengembangkan sebuah konsep teknologi pengisian daya yang diklaim membuat pengisian daya bisa tetap dilakukan saat mobil sedang berjalan.

Konsep teknologi Goodyear yang diberi nama BH30 dengan desain yang sangat funky tersebut pertama kali diperkenalkan pada ajang Geneva International Auto Show awal pekan ini. Secara teknis produk ini akan mengkonversi akumulasi panas yang dihasilkan ban dan memindahkannya ke tempat penyimpanan daya yang tersedia di dalam mobil. 
BH30 menghadirkan dua pilihan pengumpulan daya yang dapat digunkan. Pertama memakai motif warna hitam di permukaan ban yang akan menyerap panas matahari, terlebih ketika mobil di tempat parkir yang terkena sinar matahari. Dan yang kedua adalah dengan mengumpulkan panas yang dihasilkan dari gesekan selama kendaraan berjalan ataupun panas yang muncul dari tonjolan karet lentur di permukaaan ban. 

Sayangnya, sejauh ini Goodyear belum memberikan keterangan lebih jauh terkait detil tentang teknologi atau bagaimana energi akan benar-benar dimanfaatkan untuk pengisian mobil. Hal tersebut dikarenakan karena konsep ini baru masuki tahap pengembangan.


Komentar Anda

Artikel terkait