Posted: 05 Maret 2015 14:13:50 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 629 kali

Ada fenomena unik yang terjadi di Jepang beberapa waktu lalu. Beberapa waktu lalu, diketahui beberapa warga Jepang tengah mengadakan upacara pemakaman bagi robot anjing layaknya hewan peliharaan sesungguhnya. Para robot anjing tersebut berbaris di altar dan masing-masing menggunakan tanda pengenal dari mana mereka berasal, juga siapa pemiliknya.

Belakangan diketahui robot aning tersebut merupakan robot anjing AIBO yang dijual pertama di Jepang oleh Sony Corp pada tahun 1999 dan 2006. Robot AIBO sengaja didesain dengan hamper menyerupai hewan aslinya. Hal tersebutpun dikarenakan AIBO menggunakan beberapa suku cadang khusus yang disematkan. 
Pada penjualan pertama di tahun 1999, sekitar 3.000 unit AIBO laku terjual meskipun dengan harga US$ 2.000 atau sekitar Rp 26 jutaan. Tahun-tahun berikutnya, lebih dari 150.000 unit dengan berbagai model AIBO terjual. Namun sayangnya masa kejayaan AIBO tidak bertahan lama. Sony mengalami masa sulit pada tahun 2006 sehingga mengharuskan mereka menutup beberapa `AIBO Clinic` dan memangkas biaya untuk pemeliharaan, juga beberapa suku cadang. Akibatnya, ketika AIBO rusak, sebagian besar robot anjing tersebut harus meninggalkan para pemiliknya. 

Kerusakan yang dialami oleh AIBO dirasakan cukup berat oleh pemiliknya. Dan oleh karena AIBO telah dianggap seperti hewan peliharaan pada umumnya, maka kerusakan AIBO pun mendapat perhatian lebih dari pemiliknya, sehingga mereka rela membuatkan upaca pemakaman untuk AIBO.


Komentar Anda

Artikel terkait