Posted: 28 Februari 2015 10:13:05 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 659 kali

Negara China memang terkenal sangat ketat menangani masalah teknologi informasi yang beredar di dalam negaranya. Baru-baru ini pemerintahan China dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait penggunaan nama pada sebuah akun media sosial di Internet. Pemerintah Cina pun melarang penggunaan beberapa nama dan kata-kata untuk digunakan sebagai username di internet. Terkait kebijakan baru tersebut, maka kini pengguna internet di China nampaknya harus berhati-hati dalam memilih nama untuk sebuah akun miliknya di internet.

Jika nama akun yang Anda gunakan termasuk ke dalam kategori nama yang dilarang oleh pemerintah, maka Anda akan diberikan tenggat waktu tertentu untuk melakukan penggantian. Dan kalau hal itu tidak dilakukan, maka akun tersebut akan secara resmi dihapus. Kebijakan itu pun akan mulai efektif pada tanggal 1 Maret 2015 mendatang.

Pemerintah China pun telah mengkategorikan beberapa nama yang tidak diperbolehkan dijadikan sebagai user name di akun jejaring sosial. Nama-nama tersebut meliputi:
•Nama akun yang meniru tokoh publik dunia seperti Obama, Putin, Joko Widodo ataupun SBY
•Nama akun yang dianggap membahayakan keamanan negara, membocorkan rahasia negara atau membahayakan kesatuan negara
•Nama akun yang dianggap menimbulkan kebencian atau diskriminasi entis atau ras atau yang dianggap bisa memecah belah persatuan
•Nama akun yang dianggap mempromosikan pornografi, kekerasan, pembunuhan atau perjudian


Komentar Anda

Artikel terkait