Posted: 28 Februari 2015 09:40:56 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 734 kali

Satu lagi sebuah inovasi teknologi lahir dari karya anak bangsa. Adalah Alex Ginardy Lie, mahasiswa asal Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya yang menciptakan sistem energi terbarukan untuk gedung bertingkat. Temuannya diklaim mampu menghemat energi listrik hingga 5 kilowatt.

Dikutip dari Anatara News (27/2/2015), Alex menjelaskan bahwa dengan penghematan tersebut, kemungkinan akan ada 1 dari 10 gedung yang bisa gratis listrik. Mahasiswa dari Program Studi Teknik Mesin UK tersebut mengungkapkan bahwa sistem tersebut berhasil ditemukan setelah ia mempelajari gedung bertingkat.

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa gedung bertingkat memiliki potensi dari faktor ketinggian yaitu energi aiir atau mikro hidro dan energi angin. Kedua jenis energi tersebut, sambungnya lagi, bisa diatur untuk membangkitkan energi terbarukan untuk mengurangi konsumsi listrik tingkat tinggi.

Temuan tersebut dituangkannya dalam sebuah Tugas Akhir (TA) dengan judul “Perancangan Sistem Pemompaan Bertenaga Angin Untuk Aplikasi Pembangkit Listrik Mikrohidro Pada Gedung Bertingkat”. Dijelaskannya bahwa prototip yang dibuatnya itu meliputi kincir angin, pompa, tandon, turbin dan gearbox.

Mekanisme kerjanya adalah angin akan memutar kincir angin untuk menghasilkan energi yang kemudian masuk ke dalam tandon bawah melalui pompa. Energi ini akan menaikan air ke tandon atas dan selanjutnya air akn meluncur ke bawah denagn menerba turbin hingga menghasilkan energi. Energi inilah yang kemudian dikonversi menjadi listrik melalui gearbox.

Temuan yang hampir seruap sebenarnya sudah ada. Ia menerangkan bahwa aplikasi sejenis telah digunakan untuk mengalirkan air dari gunung ke sawah guna menghasilkan energi listrik. Namun, “sistem yang saya rancang tidak membuang air, tapi dikembalikan ke tandon atas lagi dengan energi angin, sehingga energi airnya berputar terus dari atas ke bawah secara siklus”, sambungnya sembari menjelaskan perbedaan temuannya dengan temuan yang telah ada.


Komentar Anda

Artikel terkait