Posted: 24 Februari 2015 11:16:33 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 603 kali

Setelah melepaskan bisnis perangkat mobile-nyapada Microsoft, kini Nokia dikabarkan tengah fokus pada bisnis barunya yakni bisnis pemetaan 3D untuk mobil tanpa pengendara (driverless car). Proyek ini dikabarkan hampir mirip dengan StreetView milik Google, namun tujuan Nokia sedikit berbeda. Saat ini Nokia dikabarkan telah mempersiapkan 300 armada mobil untuk memetakan jalan di kota-kota besar di seluruh dunia. Hasil pemetaan tersebut pun nantinya akan dipakai oleh Nokia untuk menavigasi mobil driverless car secara aman di jalanan. 

Informasi yang dapat diberikan oleh Sketsa jalan tersebut pada mobil driverless car nantinya akan berupa informasi tanda dan rambu, seperti batas kecepatan aman yang harus dipakai, serta keberadaaan mobil-mobil lain di tikungan (untuk menghindari tabrakan). Selain itu, Nokia juga akan mempersiapkan persenjataan khusus untuk armada mobil mereka. 

Nantinya mobil-mobil tersebut akan dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi yang mampu menangkap gambar 360 derajat setiap enam meter. Teknologi Lidar System (Light Detection and Ranging) yang mampu merekam 700 ribu gambar per detik serta memindai (scan) sekira 100 meter kesegala arah dan juga sensor GPS yang digunakan dan berperan sebagai pelacak data posisi mobil hingga di jalan.



Komentar Anda

Artikel terkait