Posted: 21 Februari 2015 09:15:25 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 599 kali

Tim riset di Ecole Polytechnique Fdrale de Lausanne (EPFL), Switzerland telah mengembangkan sebuah lensa kontak yang mempunyai kemampuan teleskopik. Lensa tersebut ditujukan untuk membantu mereka yang memiliki gangguan penglihatan dalam jangka panjang atau mengalami gangguan mata age-related macular degeneration -yang disingkat AMD (penurunan fungsi penglihatan di usia tua).

lensa kontak ini pun dikalim merupakan lensa kontak pertama yang memiliki teleskop yang amat tipis. Dengan mengedipkan mata kanan, si pemakai bisa memperbesar objek yang dilihatnya. Sementara pada saat mengedipkan mata kiri, objek yang dilihatnya kembali ke ukuran normal. Prototype dari alat ini dipamerkan oleh Eric Tremblay, salah satu Anggota EPFL di konferensi tahunan American Association for the Advancement of Science (AAAS) di San Jose, California.

Meski memiliki desain yang lebih besar dan tebal dibandingkan lensa kontak biasa, namun lensa kontak ini disebut-sebut sebagai alat bantu penglihatan yang fungsional sekaligus praktis. Bahan yang digunakan untuk membuat lensa ini adalah aluminium, lem yang aman secara biologis serta kaca film tembus pandang yang dipotong dan digabungkan dengan sangat hati-hati.

Alat ini didesain mampu menyerap cahaya dari bagian tengahnya, sedangkan lingkaran cermin kecil yang ada di bagian tengah berfungsi untuk memperbesar objek. Cermin-cermin berukuran mikro ini berfungsi merefleksikan cahaya dalam proses memperbesar gambar.


Komentar Anda

Artikel terkait