Posted: 11 Februari 2015 13:39:52 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 625 kali

Banjir yang melanda ibu kota saat ini menjadi perbincangan yang hangat, baik di televisi mau pun di jejaring social. Banjir tersebut pun kini kian meresahkan warga yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya. Terjebak banjir saat Anda hendak akan berpergian memang menjadi hal yang sangat mengesalkan. Namun kali ini Anda tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya baru-baru ini mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI) telah mengembangkan sebuah layanan berbagi informasi terkait bencana banjir di Jakarta bernama 'Siaga Banjir'.

Layanan siaga banjir tersebut menyediakan informasi mengenai lokasi banjir dan fitur interaktif berbagi informasi banjir. Menariknya lagi, Siaga Banjir juga memungkinkan penggunanya untuk 'berlangganan' informasi banjir untuk wilayah tertentu sesuai pilihan. Notifikasi info banjir akan dikirimkan pada pengguna melalui email terdaftar. Layanan Siaga Banjir tersebut dapat diakses via laman situs siagabanjir.org.

Informasi data yang disediakan oleh layanan tersebut mengambil data dari berbagai media sosial populer seperti Twitter, Path dan lainnya. Setelah informasi itu diterima oleh mereka, maka informasi tersebut akan dimasukan ke dalam peta Google Maps. Dengan demikian, pengguna dapat melakukan pencarian lokasi banjir melalui search box yang tersedia.

Bagi Anda yang ingin berkontribusi memberikan informasi mengenai banjir, Anda dapat Melakukan tweet dengan menyertakan hashtag #siagabanjir dan menyebutkan nama lokasi di dalam isi tweet Anda. Atau juga melalui aplikasi Path dengan menyertakan kata 'banjir', dan mengaktifkan share ke Twitter.


Komentar Anda

Artikel terkait