Posted: 30 Januari 2015 13:22:00 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 632 kali

Akhir 2015 ini pemerintah Irlandia berencana akan mengeluarkan kebijakan baru mengenai pemakaian foto untuk kartu identitas resmi warganya. Jika biasanya kartu identitas dan paspor wajib menggunakan foto resmi dari pemiliknya, namun kali ini warga Irlandia dapat menggunakan foto selfie untuk kartu identitas mereka. Hal tersebut berkaitan dengan kebijakan baru yang akan segera diberlakukan oleh pemerintah Irlandia tersebut. 

Namun ada peraturan tersendiri untuk foto selfie yang akan digunakan. Foto selfie yang akan digunakan untuk kartu identitas tersebut akan diambil secara resmi dengan menggunakan aplikasi foto milik pemerintah. Selain itu pemilik kartu tidak boleh memposting foto selfie mereka ke jejaring sosial macam Twitter dan Instagram atau mengedit foto mereka dengan aplikasi apapun.

Sayangnya kartu identitas tersebut hanya dapat digunakan di Eropa saja. Namun mesiki demikian, kartu identitas tersebut memiliki kegunaan lain. Kegunaan tersebut diantaranya dapat digunakan sebagai cadangan saat pemilik kehilangan paspor penuh, atau berfungsi sebagai izin perjalanan sementara ketika paspor sedang diperbaharui atau diganti. Kartu identitas tersebut dapat digunakan untuk melakukan perjalanan di seluruh Eropa tanpa perlu menunjukkan paspor seutuhnya. Masa berlaku kartu tersebut selama lima tahun. Pengguna pun dapat mengganti foto mereka setiap hari. Selain Irlandia, salah satu negara bagian di Amerika, Delaware juga akan menggunakan SIM digital dengan foto selfie di tahun 2016.


Komentar Anda

Artikel terkait