Posted: 09 Desember 2014 13:12:22 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 1046 kali

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menorehkan prestasi. Universitas yang mengadopsi nama termasyur dari Kerjaan Majapahit itu baru saja menggondol medali perunggu pada kategori Technology for Spesial Needs dalam ajang International  Exhibition of Young Inventors (IEYI) di Jakarta, 1 November 2014. Medali tersebut diperoleh berkat kebolehan iBlind, sebuah ponsel bagi penyandang tunanetra.

Ponsel ini dikembangkan oleh Hanif Sugiyanto, jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Swakresna Edityomurti dari Jurusan Teknologi Jaringan, Sekolah Vokasi UGM. Ponsel hasil pengembangan keduanya mampu mengubah bentuk SMS menjadi bentuk huruf Braille. Keduanya juga mengungkapkan bahwa pengembangan iBlind berangkat dari keprihatian mereka terhadap penyandang tunanetra yang kesulitan menggunakan ponsel. Mereka bahkan sudah merancang perangkat ini sejak masih duduk di bangku SMA.

Disebutkan bahwa pesan yang masuk dalam huruf digital akan diubah menjadi huruf Braille dengan perangkat lunak khusus. Selanjutnya, pesan yang telah diubah ke dalam hruf Braille tersebut akan ditampilkan di dislay iBlind. Namun, layar yang dimaksud berbeda dengan layar ponsel pada umumnya, tetapi berupa huruf timbul tenggelam seperti layaknya huruf Braille dan dapat diraba oleh pengguna.

Sayang, prototipe ini masih terbatas pada 5 karakter saja dalam sekali tampilan. Di samping itu, prototipe ini juga baru bisa sebatas menerima SMS, tetapi belum bisa untuk mengirim. Hanif, yang ternyata juga satu sekololah dengan Edityomurti waktu SMA juga mengungkapkan harapannya agar ke depan ponsel ini bisa dikembangkan seperti ponsel pada umumnya.

Sementara itu,menurut Edityomurti, pengembangan perangkat ini ke depan akan disempurnakan menjadi semacam tablet. Namun, saat ini perangkat tersebut masih terpisah-pisah antara komponen display, modul GSM, dan software. Rencananya, iBlind akan dikembangkan menjadi bentuk tablet berukuran 8 x 11 cm dengan ketebalan 5 mm dengan refresheable braille untuk menampilkan data inbox dan sms di sisi depan. Di bawahnya akan dilengkapi dengan keyboard untuk mengetik huruf Braille lengkap dengan sejumlah tombol utnuk menampilkan pesan maupun tombol spasi.


Komentar Anda

Artikel terkait