Posted: 18 November 2014 15:09:44 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 1582 kali

Universitas Gadjah Mada kembali menunjukan kebolehannya dalam menelurkan aplikasi berbasis Android. Kali ini giliran Fakultas Pertanian, UGM yang baru saja meluncurkan aplikasi penyuluh pertanian berbasis Android, juga SMS. Aplikasi ini selanjutnya diberi nama “Petani”.

“Petani” diluncurkan di Yogyakarta Senin (17/11). Menurut Jamhari, Dekan Fakultas Pertanian UGM, aplikasi tersebut bertujuan untuk memudahkan petani dalam berkomunikasi dengan para pakar pertanian dari UGM. Demikian tandasnya seperti ditulis Antara News.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Fakultas Pertanian UGM itu juga menyebut alasan dimanfaatkannya teknologi informasi dalam kegiatan penyuluhan pertanian. Hal ini dilandasi pertimbagan semakin terbatasnya jumlah tenaga penyuluh pertanian yang mampu menjangkau petani. Dengan adanya aplikasi tersebut, lanjutnya, petani diharapkan bisa mendapatkan informasi terkini tentang solusi permasalahan pertanian yang tengah mereka hadapi.

Guna menindaklanjuti informasi yang disampaikan para petani, pihaknya mengaku sudah menyiapkan mobil khusus untuk peninjauan ke lapangan.

Sementara itu, dalam penggarapan aplikasi ini, turut melibatkan sejumlah pakar dari berbagai disiplin ilmu pertanian. Beberapa diantaranya adalah ilmu tanaman, ilmu tanah, ilmu penyakit dan hama, budi daya tanaman, dan sosial ekonomi pertanian. Ia juga menyebutkan bahwa dengan mengirimkan foto, pihaknya akan bisa melakukan diagnosa sehingga bisa menawarkan solusi yang dihadapi petani.

Sementara itu, Anita Hesti, Direktur 8villages Indonesia selaku perusahaan penyedia layanan aplikasi "Petani", menyebut jika aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Tak hanya itu, para pakar pun siap menjawab pertanyaan yang disampaikan para petani dalam waktu 1x24 jam. Ia juga menandaskan pihaknya hanya menawarkan teknologi informasi dan web. Bagi petani yang belum memiliki Android bisa mendaftar lewat SMS.

Guna mendapatkan aplikasi ini bisa mengunjungi laman http://www.8villages.com/petani atau mengirim sms IKUTI RPP (nomor ponsel yang digunakan) kirim ke 2000.


Komentar Anda

Artikel terkait