Posted: 15 Oktober 2014 12:48:19 by valen BeritaNet.com | Dilihat 1485 kali

Tim kincir angin Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta kembali meraih Juara I dalam Kompetisi Kincir Angin Indonesia (KKAI) 2014 yang diselenggarkan di pantai Baru, Bantul, 15-19 September 2014. Lima mahasiswa dari Teknik Mesin dan Teknik Elektro yang tergabung dalam Wooden Windmill Inovation Team (WWIT) ini menempatkan diri sebagai tim terbaik dengan menyisihkan 29 tim lainnya dalam lomba yang diselenggarakan atas kerjasama Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemdikbud, Universitas Sanata Dharma, dan Pemda Bantul.

WWIT beranggotakan lima orang mahasiswa, tiga mahasiswa Teknik Mesin yaitu Ignatius Rio Christy Bagaskara, Tito Dwi Nugroho, dan Bernardus Morgan Wijayanto, serta dua mahasiswa Teknik Elektro yaitu Andreas Bagus Sadewo, dan Teddy Heribertus A. Sesuai dengan namanya, tim yang dibimbing D. Doddy Purwadianto, ST, MT ini mengembangkan kincir angin berbahan dasar kayu. “Kami mengusung konsep kesederhanaan. Dengan material kayu, seluruh penduduk di wilayah Indonesia dapat membuat dan menirunya, bahkan mereka yang berada di pelosok tanah air dan jauh dari pusat kota.” Demikian ungkap Morgan, salah seorang anggota tim WWIT USD. Menurutnya teknologi harus dekat dengan masyarakat, supaya dapat ditiru dan diaplikasikan oleh masyarakat itu sendiri

Ketua tim Juri, Ir. Heru Santosa Budi Raharjo, M.Eng, Ph.D. mengatakan bahwa perolehan energi listrik untuk KKAI 2014 ini mencapai dua kali lipat dibanding perolehan energi pada KKAI 2013. “Dalam penilaian selama 50 jam, tim WWIT USD berhasil mencatatkan 4000,69 watt pada kecepatan angin rata-rata 6,25 meter/detik. Jumlah ini setara dengan 80 watt per jam”, demikian diungkapkannya dalam pengumuman pemenang lomba yang digelar di Kampus 3 USD, Paingan, Maguwoharjo, Sleman.

Dr. Ir. Iswanjono, MT selaku ketua panitia KKAI 2014 menyatakan penyelenggaraan ini memiliki spektrum yang lebih luas dibanding penyelenggaraan pada tahun sebelumnya. “Untuk melibatkan para siswa dan anak-anak, kami menyelenggarakan lomba menggambar/mewarnai bagi siswa TK dan SD serta lomba foto selfie bagi para siswa SMP dan SMA. Ratusan siswa ikut menyemarakkan kompetisi kincir angin ini, dengan lomba menggambar dan foto yang bertema kincir.” demikian disampaikan Iswanjono. Lebih lanjut, dia juga menyatakan kesiapan USD jika ditunjuk lagi oleh Dikti untuk menjadi penyelenggara KKAI 2015.

sumber : www.usd.ac.id


Komentar Anda

Artikel terkait