Posted: 27 September 2014 12:24:16 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 1164 kali

Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Lampung kembali unjuk kebolehan. Kali ini, salah satu mahasiswa dari kampus tersebut berhasil membuat alat pengatur suhu air. Teknologi itu diciptakan oleh Ulthomy Idham, mahasiswa dari Teknik Komputer.

Penemuan tersebut berawal dari pengalaman pribadinya. Tempat tinggalnya yang berada di suhu dingin telah mendorong Ulthomy menciptakan teknologi itu. Mahasiswa kelahiran 1987 tersebut menuturkan jika penemuannya tersebut dapat mengubah kebiasaan masyarakat pegunungan yang biasa memanaskan air dengan cara manual.

Keunikan alat ini yaitu bisa mengendalikan suhu air sesuai keinginan pengguna. Disebutkan jika alat buatan mahasiswa yang suka naik gunung itu bisa  mengatur suhu mulai dari 0 hingga 100 derajat.

Cara kerja alat ini memanfaatkan pemanas atau heater sebagai katalisator dan sensor temperatur LM35 sebagai pengatur suhu air. Sementara itu, sebagai pengendali otomatis digunakan mikrokontroler ATmega8. Ulthomy menjelaskan untuk memanaskan air, pengguna cukup memasukkan pemanas dan sensor suhu LM35 ke dalam air. Selanjutnya, tekan tombol pengatur suhu. Alat akan bekerja secara otomatis dan berhenti pada suhu yang diinginkan. Guna menampilkan suhu air dalam tangki, alat ini juga dilengkapi dengan LCD.

Meski cukup inovatif, namun Sang Pembuat pun mengakui sejumlah kelemahan alat garapannya itu. Ketergantungan terhadap listrik adalah kendala utama. Mengingat hal tersebut,Ulthomy bertekad untuk mengembangkan lebih lanjut sehingga alat dapat bekerja tanpa listrik dengan energi alternatif baterai atau sumber lainnya.


Komentar Anda

Artikel terkait