Posted: 04 September 2014 14:14:50 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 25496 kali

"Dunia" sistem operasi tampaknya sedang dilanda sedikit kisruh. Dua pihak berbeda saling mengklaim sebagai posisi yang sama. Adalah Jolla, sebuah vendor asal Finlandia yang mengklaim Sailfish, OS besutannya sebagai OS terbesar ketiga. Hal tersebut dikemukakan oleh Antti Saarnio, Chairman Jolla, demikian dilansir Forbes.

Pernyataan tersebut bertolak belakang dengan analisis dari industri International Data Corporation (IDC). IDC mengatakan jika sistem operasi Windows Phone berada di peringkat ketiga. Sistem operasi besutan Microsoft itu berada di bawah Android dan iOS besutan Apple.

Merujuk pada data IDC, hingga kuartal II 2014 Android masih menempati posisi teratas dengan market share 84,7%. Posisi kedua ditempati oleh iOS dengan 11,7%. Sementara di peringakat ketiga ada Windows Phone dengan 2,5% penguasaan pasar. Posisi berikutnya dimiliki oleh BlackBerry dengan penguasaan pasar  0,5% saja.

Sementara itu, Neil Mawston, Direktur Eksekutif Strategy Analytics mengungkapkan ada alasan khusus mengapa sistem Android begitu digandrungi. Satu hal yang jelas adalah layananannya yang murah. Di samping itu, software-nya juga mudah digunakan. Hal inilah yang menjadi daya pikat para pembuat hardware, operator maupun konsumen global.

Lantas, dimanakah posisi Sailfish sesungguhnya? Hmm, sepertinya kita harus menunggu kabar lanjutan dari Jolla atau para analis laiinya.


Komentar Anda

Artikel terkait