Posted: 03 September 2014 14:59:53 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 3417 kali

Samsung Electronics Co Ltd dikabarkan akan mendirikan pabriknya di Indonesia. Padahal perusahaan asal Korea Selatan itu beberapa waktu lalu lebih memilih menanam insvestasinya di Vietnam lantaran tak mendapat kesepakatan dengan Pemerintah Indonesia. Namun, kini Pemerintah Indonesia dikabarkan telah  menjanjikan insentif pajak yang lebih tinggi agar Samsung tertarik berinvestasi.

Lebih lanjut, menurut Reuters, perusahaan yang sudah memiliki pabrik di Cina dan Vietnam itu masih enggan buka suara soal nominal investasi yang bakal dilakukan. Namun, Antara news dalam laporannya menyebut jika untuk tahap awal, Samsung akan menggelontorkan dana 20 juta dollar.

Pembangunan pabrik Samsung di Indonesia dikatakan hanya untuk pasar domestik.  Dengan demikian pihaknya dapat  memenuhi kebutuhan lokal dengan lebih efketif. Demikian pernyataan Samsung dalam email, sebagaimana dikutip dari Reuters (20/8/2014).

Menurut Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Teknologi Tinggi di Kementerian Industri, Samsung rencananya akan membangun kapasitas produksi di pabriknya secara bertahap menjadi 900.000 unit per bulan.  Sebagai langkah awal,pada tahun ini perusahaan tersebut akan memproduksi 100.000 unit, sambung Darmadi.

Hingga saat ini juga belum diketahui apakah pabrik Samsung di Indonesia tersebut akan memproduksi telepon seluler atau smarthone.

Sementara itu, Antara News yang mengutip pernyataan MS Hidayat, Menteri Perindustrian, melansir jika Samsung berencana memulai pembangunan pabriknya di Jakarta pada September ini. Semula Pemeritah Indonesia menawarkan vendor asal Negeri Ginseng itu untuk membangun pabriknya di luar Jawa. Namun Samsung tidak sepakat dan memilih mendirikan pabrik barunya di Ibu Kota Negara. Orang nomor satu di Kementrian Perindustrian tersebut juga mengungkapkan jika keberadaan kelas menengah yang mencapai lebih dari 50 juta orang menjadi daya tarik Samsung dalam membuka pabriknya di Indonesia.


Komentar Anda

Artikel terkait