Posted: 16 Agustus 2014 10:06:00 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 1487 kali

Sekelompok mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu Anda dalam memahamai dan mempelajari bahasa Inggris. Aplikasi berbasis mobile tersebut diberi nama ABI (Apa Bahasa Inggrisnya). Aplikasi tersebutpun telah menyabet juara ke dua dalam "Kompetisi Cipta Aplikasi Edukasi Unity".

Menurut Aziz Amirulbahar selaku Ketua Kelompok Mahasiswa pembuat ABI, aplikasi tersebut sudah dapat berjalan pada perangkat berbasis platform Windows Phone. ABI mencangkup berbagai aspek utama dalam pembelajaran bahasa  Inggris seperti materi 'speaking, writing, listening, dan reading'. Kosa kata yang dimasukkan dalam aplikasi tersebut merupakan kosa kata percakapan dan benda yang akrab dalam keseharian.

Dalam pembuatan fitur tersebut Aziz tidak sendiri. Ia turut menggandeng kedua rekannya yakni Miftah Rizki Hanafi dan Sidiq Nurcahyo.yang juga masih terdaftar sebagai mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika aktif UNY. Landasan dasar pembuatan aplikasi tersebut mengacu pada rendahnya minat pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia dikarenakan adanya rasa kesulitan masyarakat untuk mempelajari Bahasa Inggris itu sendiri.
Kini bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi karya anak bangsa ini, Anda bisa mendownload ABI secara gratis di toko aplikasi Windows Phone Store.


Komentar Anda

Artikel terkait