Posted: 23 Juli 2014 09:28:06 by RiskaRF BeritaNet.com | Dilihat 59183 kali

Layaknya seperti sebuah komputer, Smartphone juga menggunakan RAM dalam aktivitasnya menjalankan aplikasi-aplikasinya. Jika aplikasi yang digunakan terlalu berlebihan dan melebihi kapasitas yang bisa ditangani oleh RAM, maka Smartphone yang dipakai akan terasa lemot. Lalu apa saja penyebab RAM Android penuh? berikut ulasannya dan cara menanggulangi.

Kita langsung ke contoh saja, misalkan saat Anda sedang membuka wechat Anda juga membuka beberapa aplikasi lain seperti twitter, facebook, dan music player. Hal seperti inilah yang membuat RAM cepat penuh. Bagi yang RAMnya berukuran cukup besar mungkin hal seperti ini bukanlah masalah, namun bagi yang RAMnya berukuran kecil hal ini akan menjadi masalah.

RAM Android yang penuh akan berefek pada melambatnya kinerja smartphone dan mengakibatkan lag saat membuat aplikasi dan games. Beberapa tips mengatasi RAM android yang cepat penuh bisa Anda lihat pada daftar dibawah ini :

1. Kill Aplikasi yang tidak perlu / tidak sedang digunakan
Langkah ini diambil untuk mematikan aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan. Caranya, silahkan masuk ke Settings kemudian buka Apps, lalu pilih Running. Disana Anda akan menemukan aplikasi-aplikasi yang sedang running. Untuk cara mematikannya, cukup buka kemudian klik Stop untuk mematikan aplikasi.

2. Hapus Aplikasi yang Memakan RAM Besar
Jika memang tidak terlalu diperlukan, Anda bisa menghapus aplikasi yang tergolong memakan ram besar. Pengecekan seberapa besar penggunaan RAM bisa Anda lihat pada Settings, kemudian buka Apps, kemudian pilih Running.

3. Gunakan Aplikasi XBooster
Pada awalnya, nama aplikasi ini adalah Boost My Experia. Dibuat oleh seorang member forum xda ber-username gagan.u20, dan aplikasi ini banyak digunakan pada ROM-ROM xperia yang muncul kemudian.
Namun saat ini, aplikasi ini sudah tersedia secara global untuk semua merk android (tidak hanya Xperia) dan membawa nama XBooster. Fungsi dari aplikasi ini adalah melakukkan boosting RAM android. Singkatnya, mirip dengan task killer namun lebih bagus dalam performanya.

4. Gunakan Aplikasi RAM Manager
RAM Manager tersedia dalam versi gratis dan pro. Berfungsi untuk mengaktifkan profil tertentu untuk manajemen RAM android sesuai kebutuhan. Beberapa profil yang tersedia antara lain more free memory untuk memori bebas lebih banyak, balance for everyday using untuk kestabilan penggunaan setiap hari, multitasking mode untuk multitasking berat, sampai mode hard gaming untuk penggunaan game berat.

Perlu diperhatikan, hampir semua tips mengatasi ram android cepat penuh diatas mengharuskan root untuk melakukannya. Misalnya saja menjalankan aplikasi RAM Manager dan XBooster yang jelas-jelas membutuhkan hak akses root untuk eksekusinya, jadi bagi Anda yang belum root admin merekomendasikan untuk melakukkan root terlebih dahulu.


Komentar Anda

Artikel terkait