Posted: 21 Juli 2014 13:35:05 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 25604 kali

Meski kini telah hadir hardisk eksternal yang mampu menyimpan data dengan kapasitas yang lebih besar, tetapi keberadaan flashdisk tetap tak tergeser. Selain bentuknya yang lebih ramping, harganya yang jauh lebih murah dibanding hardisk juga menjadi pertimbangan banyak orang. Apalagi kini flashdisk tak hanya dapat digunakan di laptop dan PC,  tetapi juga dapat digunakan di sejumlah perangkat lain seperti ponsel tertentu atau DVD player.

Sayang, tak sedikit orang yang masih mengabaikan perawatan flashdisk. Diletakkan sembarangan menjadi kelalaian yang paling sering dilakukan para pengguna flashdisk. Meletakkan di saku pakaian barangkali adalah yang acap kali dilakukan. Selain berisiko jatuh di sembarang tempat, meletakkan di saku pakaian juga berisiko jika sampai pakaian tercuci atau terkena air. Meski tak sedikit pula flasdisk yang bisa terselamatkan setelah terkena air, tetapi alangkah lebih baik jika hal itu tidak terjadi sama sekali. Setidaknya untuk menghindari kerusakan data Anda.

Kelalaian lain yang acap kali dilakukan adalah meng-edit data di flashdisk. Hal ini sebenarnya berisiko terhadap kerusakan flashdisk. Apalagi jika editing dilakukan pada banyak data dan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, ada baiknya file dipindahkan dulu ke laptop atau PC sebelum editing dilakukan. Baru setelah selesai, data ditransfer kembali di flashdisk.

Asal cabut dari laptop atau PC juga berbahaya. Hal ini bisa berpengaruh pada risiko hilangnya data di dalamnya. Ada baiknya jika setelah selesai digunakan flashdisk di-eject  terlebih dahulu sebelum dicabut.

Tak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan flashdisk dengan cara rutin melakukan scanning virus. Di samping untuk menjaga kesehatan jeroan flashdisk, cara ini juga dapat meminimalisasi kerusakan data Anda. Sementara itu, secara fisik, flashdisk juga perlu dijaga kebersihannya. Ada baikny flashdisk diberi gantungan agar mudah dicari dan diletakkan ditempat yang bersih dan kering setelah dipakai. Sebaiknya setelah digunakan, flashdisk ditutup kembali. Hal ini unutk menghindarkan debu ataupun kotoran-kotoran micro masuk ke hardware flashdisk dan mempegaruhi kinerjanya.


Komentar Anda

Artikel terkait

Artikel terkait tidak ditemukan