Posted: 13 Juni 2014 14:34:03 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 202813 kali

Penggunaan ponsel pintar kian hari kian menunjukan peningkatan yang signifikan. Kita bahkan dapat melihat di sekeliling kita, dimana-mana orang selalu lengket dengan gadget kesayangan mereka. Entah untuk kebutuhan pekerjaan, sekolah atau kuliah, atau hanya untuk gengsi-gengsian yang jelas pengguna ponsel pintar semakin hari semakin naik.

Peluncuran produk baru selalu menjadi pusat keramaian. Orang berduyun-duyun datang untuk mendapatkan gadget yang tengah mereka idamkan, tentu dengan harga yang lebih miring dari pada harga normal. Sebagaimana diintip beritanet.com dari beberapa media lokal Indonesia yang selama beberapa hari ini ramai memberitakan betapa sebuah produk smart phone yang diluncurkan di Jakarta beberapa hari lalu ramai dipadati pengunjung.

Fenomena gandrung-nya masyarakat terhadap smart phone ini rupanya menjadi celah bagi oknum tak bertanggung jawab untuk membuat gadget tiruan alias palsu. Apakah ada jaminan harga yang sama dengan yang ada di pasaran merupakan barang asli? Belum tentu, karena kecanggihan teknologi juga dibarengi dengan kecanggihan pelaku kejahatan dalam meningkatkan cara-cara jahatnya.

Setidaknya ada dua tips untuk menghindarkan diri dari penipuan barang tiruan. Pertama, membeli gadget di tempat-tempat yang memang sudah teruji. Kedua, cara lain yang dapat ditempuh yaitu dengan melakukan pengecekan International Mobile, Station Equipment Identity (IMEI). Sayang, cara kedua ini acap kali diabaikan. Padahal cara tersebut cukup efektif untuk mendeteksi palsu atau tidaknya gadget yang dibeli.

Cara melakukan pengecekan IMEI pun sebenarnya cukup sederhana. Pengecekan dapat dilakukan melalui situs www.imei.info. Selanjutnya, masukan kode IMEI yang tertera pada kardus pembungkus gadget dan tekan tombol cek. Apabila terdapat kesesuaian antara kode IMEI dengan jenis gadget maka dipastikan produk tersebut adalah asli. Cara lain untuk pengecekan IMEI yang lebih sederhana dengan menekan #60# dan kemudian tekan OK/Yes/Call. Apabila kode yang muncul cocok dengan kode yang ada pada kardus dan bagian belakang baterai gadget maka produk tersebut adalah asli.


Komentar Anda

Artikel terkait