Posted: 07 Juni 2014 13:25:35 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 202813 kali

Ponsel kini sudah menjadi kebutuhan penting bagi manusia. Fungsinya sebagai alat komunikasi ditambah lagi dengan fitur-fitur hiburan yang ada di dalamnya, membuat ponsel kian lengket dengan kehidupan manusia. Demikian eratnya ponsel bagi manusia, sampai-sampai benda yang satu itu jarang lepas dari jangkauan.

Padahal ditinjau dari segi medis, kedekatan yang teramat intim dengan ponsel ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sudah bukan rahasia pula jika peyakit kanker adalah bahaya jangka panjang yang mengintai dari paparan sinar radiasi ponsel. Meski hal tersebut sudah disadari, tetapi sulit rasanya untuk menjauhkan diri dari ponsel. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk mengurangi paparan sinar radiasi ponsel sebagaimana dikutip dari Aquilastyle.

Menggunakan pengeras suara adalah salah satu langkah terbaik untuk menjauhkan diri dari paparan langsung radiasi ponsel. Meski jarak yang agak jauh berpengaruh pada kualitas suara, tetapi hal ini lebih baik dari pada terkena langsung radiasi ponsel. Cara lain yang juga mudah, tetapi acap kali dilalaikan adalah posisi membawa ponsel. Pada saat membawa ponsel hendaknya layar atau tombol ponsel mengarah ke tubuh. Dengan begitu radiasi tidak mengenai tubuh, karena sumber radiasi biasanya terletak pada bagian atas ponsel yang bersumber dari antena.

Tidak menggunakan ponsel dalam kondisi sinyal lemah juga merupakan solusi terbaik untuk menghindarkan diri dari paparan radiasi ponsel. Hal ini bertolak dari cara kerja ponsel yang akan bekerja dengan ekstra untuk mencari sinyal yang menyebabkan radiasi lebih besar. Singkat kata, lebih baik menggunakan ponsel  dalam posisi sinyal dalam keadaaan kuat.

Hal lain yang bisa menjadi pertimbangan untuk mengurangi radiasi ponsel adalah lebih baik berkirim pesan dari pada menelepon. Dalam kondisi yang tidak terlalu mendesak akan lebih baik jika cara ini digunakan. Di samping lebih hemat, cara ini juga akan menjauhkan kepala kita dari paparan langsung radiasi telepon. Cukup mudah bukan?, Jadi jangan ragu-ragu, mari menggunakan teknologi tanpa melalaikan kesehatan.


Komentar Anda

Artikel terkait