Posted: 22 Oktober 2013 11:35:49 by valen BeritaNet.com | Dilihat 3498 kali


Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma (FST USD) bersama Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Jakarta menyelenggarakan Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (RiTekTra)  26-27 September 2013. Seminar yang bertema “Sinergi Ilmu dalam Inovasi Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat” ini dilaksanakan di Kampus UAJ dengan menghadirkan tiga pembicara kunci dari kalangan intelektual dan praktisi industri.

Dari kalangan intelektual, Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D, pakar e-Gov dan Dosen FST USD mempresentasikan Potensi Teori Jejaring Aktor untuk Memahami Inovasi Teknologi. Dari kalangan praktisi industri Ir. Kustiawan Kusuma, Country Manager of Communication IBM Indonesia mempresentasikan Smarter Cities.  Sementara  dari PT Robert Bosch Klaus Landhaeusser membawakan makalah Automotive Trend and Technological Development.

Disamping pembicara kunci, seminar juga diisi artikel-artikel ilmiah dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Terdapat 61 makalah yang dipresentasikan dalam sesi parallel. FST USD mempresentasikan 12 judul makalah yang berasal dari prodi Matematika, Teknik Informatika, Teknik Elektro dan Teknik Mesin.

“Hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan tema seminar diharapkan dapat mendorong berkembangnya inovasi teknologi yang mengarah pada kemandirian teknologi bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.  Dengan demikian perekonomian nasional akan memiliki kekuatan real jika ditopang dengan kemampuan menginovasi teknologi. Setiap Teknologi baru dikembangkan dengan mensinergikan berbagai bidang ilmu.” demikian disampaikan Ketua Panitia, Ir Harlianto Tanudjaja, M.Kom. Lebih lanjut Harlianto mengatakan bahwa ada tiga aktor utama yang berperan penting mendorong kemandirian yaitu: kaum intelektual, kalangan bisnis-industri dan pemerintah. Perguruan tinggi yang diharapkan mampu menciptakan dan merintis inovasi teknologi dan kalangan industri belum mampu bersinergi secara optimal dalam mengembangkan industri kreatif berbasis inovasi teknologi.

Dekan FST USD, PH Prima Rosa, S.Si., M.Sc menyambut baik kerjasama dua institusi ini. “Semakin sering perjumpaan ilmiah semacam ini dilakukan akan semakin meningkatkan sinergi antar institusi dan akan melahirkan gagasan serta inovasi baru di bidang teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.” demikian diungkapkan Dekan FST USD, Prima Rosa dalam sambutannya. Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UAJ, Prof. Dr. Hadi Sutanto dalam sambutannya juga menegaskan pentingnya mendorong penelitian dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Seminar Nasional RiTekTra pada awalnya adalah kegiatan dua tahunan. Tahun 2013 ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan, dan sekaligus kegiatan yang pertama kali dilakukan dengan bekerja sama antar institusi. Ke depan, seminar RiTekTra akan dilakukan setiap tahun dan pelaksanaannya dikelola secara bergantian. Untuk tahun 2014, seminar akan diselenggarakan di Universitas Sanata Dharma. Di masa mendatang, kegiatan semacam ini direncanakan tidak hanya melibatkan dua institusi melainkan  melibatkan beberapa perguruan tinggi APTIK lainnya. (IGK)

 

 

Sumber : www.usd.ac.id


Komentar Anda

Artikel terkait