Posted: 19 September 2013 09:20:21 by valen BeritaNet.com | Dilihat 3621 kali

Kontingen Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Sanata Dharma berhasil menyabet 2 emas, 2 perak, 1 perunggu, dan 1 favorit pada Pekan Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional ke -26 (PIMNAS XXVI) yang diselenggarakan pada tanggal 9-13 September 2013 di Mataram NTB.  Prestasi kali ini terasa lebih membanggakan, selain keempat tim PKM semuanya berhasil meraih medali, Universitas Sanata Dharma (USD) juga bertengger di posisi ketujuh pada peringkat perguruan tinggi pemenang PIMNAS. Bahkan USD merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang masuk dalam jajaran 10 besar peraih medali PIMNAS XXVI. Berikut 10 besar peringkat perguruan tinggi pemenang PIMNAS 2013:  (1) ITS, (2) Unair, (3) UGM, (4) Unibraw, (5) IPB, (6) Undip, (7) Universitas Sanata Dharma, (8) UNY, (9) UNES, (10) Universitas Sriwijaya.

Dua Medali Emas tim PKM USD diraih melalui tim PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM),  Komik Sains sebagai Media Mengembangkan Daya Imajinasi dan Pengetahuan Siswa Tunanetra di DIY (kategori presentasi) dengan ketua Marlina Sutandi dan Tim PKM Kewirausahaan (PKMK) Sereal Rumput:  Makanan Kata Gizi untuk Keluarga (kategori poster) dengan ketua Paulina Ambar.  Dua Medali Perak dipersembahkan oleh Tim PKM Penelitian (PKMP) Desain dan Sintesis Senyawa ACES (Analog Curcumin Series) dengan Metode Solid Phase Reaction sebagai Senyawa Antikanker Poten dengan Mekanisme Menghambat Protein NF-kB (kategori poster) dengan ketua Monica Sabrina, dan Tim PKMM Komik Sains sebagai Media Mengembangkan Daya Imajinasi dan Pengetahuan Siswa Tunanetra di DIY (kategori poster).  Sedangkan Medali Perunggu untuk kategori poster dan  Tim Favorit Presentasi diraih oleh Tim PKMM Peningkatan Kemampuan Belajar Hitung pada Anak Melalui Ragam Permainan Kreatif dengan ketua Domingos De Araujo.

Menurut Koordinator tim manajemen sekaligus salah satu dosen pembimbing PKM USD Eko Hari Parmadi, S.Si., M.Kom, prestasi PIMNAS XXVI ini sungguh membanggakan sekaligus menjadi bukti bahwa para mahasiswa Universitas Sanata Dharma mampu berkiprah di ajang Nasional. Keterlibatan para dosen pendamping (Dewi Soerna Anggraeni, M.Psi., Jeffry Julianus, M.Si., Elisabeth Desiana Mayasari, M.A., dan Eko Hari Parmadi, S.Si., M.Kom) yang secara total mendampingi pelaksanaan PKM, persiapan dan pelaksanaan PIMNAS serta dukungan dari tim manajemen PKM USD juga menjadi salah satu kunci keberhasilan tim USD. Keseriusan dan usaha keras para mahasiswa dari berbagai program studi yang terlibat seperti: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Akuntansi, Psikologi, Farmasi, dan Teknik Informatika. Mereka semua (para mahasiswa PKM USD) mampu melahirkan karya-karya inovatif, pemikiran yang ilmiah dan berkelanjutan, serta menjalin komunikasi dalam mengukir prestasi untuk kejayaan bangsa.

Meraih prestasi di ajang PIMNAS tahun depan,  tentu menjadi mimpi yang harus diwujudkan, maka peran serta dari seluruh mahasiswa dan seluruh program studi di lingkungan Universitas Sanata Dharma sangatlah diharapkan, mengingat pengumpulan proposal PKM tahun 2013 ini sudah mulai dan akan berakhir pada tanggal 30 Oktober 2013 nanti.  Jika tahun 2012 lalu USD berhasil mengumpulkan 198 proposal dan 60 di antaranya didanai oleh DIKTI, harapannya tahun 2013 ini lebih dari 300 proposal dapat terkirim ke DIKTI. Tentu menjadi pekerjaan rumah yang besar khususnya bagi tim manajemen PKM USD dalam mempersiapkan sosialisasi, dan tentu saja keterlibatan para dosen pembimbing di setiap program studi  dalam mendampingi serta memotivasi setiap mahasiswanya untuk menyusun proposal PKM. 

 

Sumber : www.usd.ac.id


Komentar Anda

Artikel terkait